Rabu, 20 Juni 2012

Beda anak kost dengan anak rumaha




Beda anak kost dengan anak rumahan? wah ya jelas beda lah, anak kost tu pasti anak rumahan (paling tidak dia pernah tinggal dirumah kan?) kalau anak rumahan, belum tentu jadi anak kost. Apa enaknya si jadi anak kost? eit jangan salah, anak kost tu bahagia lagi, ya paling tidak dia punya 100 kebahagiaan walau ada 1000 kesulitan yang di alaminya. Ya seperti semboyan 'ga ada lo ga rame', emang itulah enaknya anak kost.

Jadi Anak kost itu seru lagi, teman adalah hal utama, itu prinsipnya, habis mau kemana lagi kalau ga keteman? mau minta bantuan orang rumahan? wah keburu sengsara. Lalu apa si bedanya dengan anak rumahan?
1. Makanan
Nah namanya anak kost tu ga punya makanan tersedia di dalamnya, ada si beberapa yang memang punya fasilitas makanan di dalam kamarnya, tapi ga semuanya. Kalaupun ada, paling ya habis juga sama temannya yang mampir ke kamarnya, hahah.


Bagi anak kost, paling menyenankan adalah awal bulan, karena waktunya kiriman, jadi makan bisa apa aja. Coba kalau anak rumahan, makan nya apa coba? paling massakan rumah, yang 'itu itu aja' kan, heheh. Kalaupun mau makan yang enakkan, harus jajan, dan itupun jarang karena akan ngurangin duit jajan. enaknya jadi anak kost, mau makan apa aja ya tinggal milih, tergantung duitnya kuat apa engga.
2. Hiburan
Kalau soal hiburan, anak kost bisa kalah nie sama anak rumahan. Di rumah bisa ada TV, PS, Komputer, Internet ataupun PS. Kalau di kostan? jarang yang punya, hanya orang tertentu yang ada. Saya pun dulu jarang nonton TV kalaupun mau nonton, harus numpang ke ibu kost atau sekedar mejeng di warung kopi, yang cuma beli kopi satu gelas, nongkronnya bisa dua jam.


Kalau soal internet? wah itu keperluan wajib bagi anak kost, ga kalah hebatnya dah dengan anak rumahan. Walau jaman dulu ane ga punya modem atau sejenisnya, di bela belain dah nginep di kampus cuma buat download atau ngenet aja. Wah ud kaya orang gila di kampus, tapi ya mau gimana? yang gratis lah yang di nikmatin.

Kalau soal hiburan memang kalah, tapi kalau soal kluyuran anak kost jagonya. Asal ada teman yang ngajak kemana ya hayu, ga perlu ijin dan mikir lama lama, tinggal berangkat 'boh mih' (tau boh mih? itu istilah orang putussibau kalimantan barat, kalu jakarta bilang, Mokondo) pun jadi. Mau pulang jam berapa juga hayu, yang penting kuliah besok pagi beres.
3. Pengawasan
Siapa coba yang mau ngawasin anak kost? ibu kost? emangnya dibayar berapa dia untuk ngawasin kita? heheh. Jadi bebas, mau ngapain aja suka suka. Dan itulah yang menjadi baik buruknya anak kost, kalau yang bisa mengwasi dirinya dengan baik akan menjadi baik, kalau yang buruk ya buruk, makanya harus pintar memilih ketika carikost.

Ini juga yang membedakan, karena ga ada pengawasan, anak kost tu suka selengean. Kamar berantakan, baju ga pernah di cuci, atau jarang mandi, ah semua itu ud biasa. Tapi hal itu juga yang bikin anak kost menjadi kreatif, untuk mengunakan barang apapun yang di sekitarnya, mau bukti. Liat di bawah ini.



4. Kegiatan
Wah selain jago keluyuran, anak kost pun punya sejuta kegiatan. Apa saja kegiatan anak kost? banyak lah, pokonya ada 3 Kegiatan utama. Pertama yaitu main, kedua ya masih main, yang ketiga baru.. main lagi. Loh kapan belajarnya? ya kalo sempat aja. hahah, tapi untuk anak kost yang kerja, mereka pasti kerja ko se males apapun mereka, karena kalau ga bisa dipecat nanti. Mau makan apa mereka di kost nantinya?
5. Penampilan
Kalau masalah penampilan, awal bulan lah yang paling rapih, baju bersih, badan wangi dan rabut rapi. Baju, wah baju kotor masuk loundy semua terima jadi dan uda di setrika. Bandan, wah kiriman datang belanja minyak wangi paling mahal. Tapi akhir bulan, ya ud ada rapika pun jadi, semprot aja, toh ga ketauan ini, Hahaha. Kalau baju? pun sama, akhir bulan udah pada numpuk, kadang ga sempet di beresin dan kadang ga sempet di cuci, akhirnya pake lagi. Jorok ya? ya sebagian seperti itu, tapi saya engga loh ya.



6. Keuangan
Sisi positifnya anak kost, belajar mengatur pengeluaran sendiri. Di kasih jatah sebulan, ya paling tidak harus di management sebisa mungkin agar bisa cukup sebulan, kalau engga? bisa makan nasi ama krupuk doang, atau paling tidak ngutang deh. Keuntungan yang lain, kalau memang lagi ada sesuatu yang pengen di beli, wah anak kost biasanya rajin nyimpen duit supaya apa yang di pengenin terbeli, itu enaknya.
DUA RIBU DAPAT APA YA...???


7. Kesehatan
Kesehatan menjadi penutup yang membedakan anak kost dengan anak rumahan, sebab apa? anak kost kadang suka lupa diri. Kalau lagi asik maen, eh dia lupa makan, kalau ud sakit dia mulai kerasa dah akibatnya. Makanya anak kost yang baik, selalu sediakan obat wajib untuk anak kost.

Sebenarnya hal yang merupakan awal penyakit anaK kost dari makanan, kandang mereka males makan bukan karena asik kegiatan, juga karena tempat makanya jauh, lebih parah lagi kalau ga punya uang, bisanya jatah makan dikurangi, jadinya sakit dah. Belum lagi karena lupa istirahat karena asik keluyuran, itu juga bisa sakit. Kalau di rumah, obat ada dokter pun dekat uang tinggal minta. Di kost? kalau ga punya
etika dalam kost, bisa kesiksa dengan sakitnya sendiri. Akhirnya orang rumahan lah yang di susahkan.

Ok, itu sediki gambaran mengenai anak kost meski ga semuanya terwakili oleh tuliasan ini, tapi semoga ini bisa menjadi wawasan dan gambaran bagi mereka yang mau ngekost atau bagi mereka yang ga pernah ngekos, jadi bisa tau beda anak kost dengan anak rumahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar